stress karena mau UJIAN???

berawal dari kejadian tadi malam. sa'at di tanyai ade' saya anastasya di mlg "adakah artikel tentang cara biar cepet lulus unas?". Saya pusing dibuatnya. Jadi teringat kembali sa'at2 UNAS dulu di ma'arif jatisari. Huftz... Kenangan yg sangat indah. kenangan bersama dia .

Udah ah.... Ngapain sih jadi nglantur gini?
perasa'an cemas akan menghadapi ujian adalah suatu hal yg wajar, itu tandanya kita cukup sadar akan beratnya medan yg akan kita hadapi. Yg penting sekarang adalah bagaimana kita menyalurkan rasa cemas dan stress itu ke arah yg positif. Artinya, jadikan stress itu menjadi pendorong kita untuk mempersiapkan diri dgn sebaik2nya, baik intelektual, mental, maupun fisik kita. Selain rajin belajar, kita juga perlu banyak berdoa, minta kepadaNya agar Ia memudahkan ujian kita. Juga persiapan fisik, makan yg teratur dan bergizi lengkap. Hindari makanan2 yg merangsang atau tidak terjaga kebersihanya agar dihari H kondisi kita bisa fit . Pokoknya berusaha mempersiapkan seoptimal mungkin apa yg kita bisa. Kemudian kita juga berbuat baik kepada orang tua, minta doa dan restu dari orang tua agar mereka juga menghadirkan kita dlm doa2 mereka . Emh... Pa lagi ya. Kita juga perlu mencari informasi tentang ujian, yach,.paling tidak, punya gambaran lah, medan apa yg akan kita hadapi. Pokoknya arahkan ke arah yg positif deh. Nah, setelah itu baru tawakal kpd Nya, kita serahkan aja semuanya kepada Tuhan. Yg penting usaha kita sudah baik semua . Berdoa, dan baru melangkah dgn tegar ke medan ujian. Smangath smangath....

yg perlu diwaspadai adalah stress ke arah perilaku yg negatif atau merugikan. Misalnya kita jadi depresi, konsentrasi berkurang, diam 1000 bahasa, gak melakukan suatu apapun, langsung gelap dan tidak berdaya menghadapi medan. Untuk menghindari ini "JANGAN PERNAH BERFIKIR UNTUK GAGAL. TAPI BERUSAHALAH BERFIKIR UNTUK MENANG / LULUS" jadi, usaha kita ke arah keberhasilan, bkn ke arah kegagalan. Untuk daya juang kita. Motivasi kita, berfikirlah bahwa masa depan kita ada di titik lulus dan tidak lulus. Makanya, kita harus memacu diri dan berusaha menghindari apapun yg melalaikan kita . Untuk mencapai itu, kita buat target dulu yg jelas, lalu bikin schedule aktifitas harian kita, bagilah waktu secermat mungkin dan efisien. Jadikan momen2 belajar di waktu2 yg kondusif, spt dini hari/ subuh, tidur yg cukup . Sesekali biar fresh bisa juga pergi refresing ke pantai, gunung, kebun raya, atau lari2 pagi diwaktu libur. Pokoknya yg bisa merilekskan otot2 syaraf otak deh. Supaya daya serap otak kita jadi lancar. Terahir dariku "memang, gak semua yg kita hadapi bisa dirubah.tp tak ada yg bisa dirubah sebelum dihadapi" jadilah yg terbaik, siapapun km !!!

NB: artikel ini saya publikasikan buat tmen2 yg mau menghadapi UNAS di thn ini. Khususnya anastasya, rikha, nia dan semua temen2 MA MA'ARIF kediri.
0 Responses